Wednesday, June 11, 2014

Situational Language Teaching

Situational Language Teaching
Metode Situational Language Teaching ini dipresentasikan oleh Riydha Karina. Setelah saya mendengar penjelasan dari Riydha Karina, saya dapat menyimpulkan bahwa metode ini hampir sama dengan Oral Approach yang telah dijelaskan oleh Marda sebelumnya. Namun, pada presentasi ini, Riydha tidak mengungkapkan perbedaan itu.
Ada beberapa karakteristik dari metode ini yaitu pembelajaran dimulai dengan bahasa percakapan, bisa berupa perintah atau guru menunjukkan sebuah benda atau gambar tanpa menerjemahkannya. Kemudian, target language adalah bahasa yang di gunakan di dalam kelas. Poin penting pada bahasa baru diperkenalkan secara situasi. Pemberian materi bermula dari yang mudah ke yang sulit. Dan pelajaran berakhir pada membaca dan menulis.

Penampilan Riydha bagus, apalagi disertai dengan contoh penggunaan metode ini, hanya saja saya masih kurang mengerti antara perbedaan materi ini dengan Oral Approach.

No comments:

Post a Comment