Wednesday, June 11, 2014

Community Language Learning

Community Language Learning
Metode ini dipresentasikan oleh Syarifah Karmila Sari. Saya pribadi sangat menyukasi gaya penyampaian dari Syarifah. Dari bisa mengkombinasikan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan baik, suaranya juga besar dan jelas, penjelasannya jelas dan padat, tidak berbelit-belit, dia bisa menguasai kelas dan menguasai bahan. Ditambah lagi dengan simulasi sehingga presentasinya menjadi presentasi terbaik pada hari itu.
Adapun dari penjelasan Syarifah mengenai materi Community Language Learning ini merupakan sebuah metode yang dibangun dari teori humanistic yang mempercayai bahwa manusia dalah satu kesatuan yang utuh. Selain itu, pada metode ini suara dan tatabahasa dasar mulai dikembangkan, metode ini adalah sebuah metode yang snagat baik untuk mengembangkan kemampuan berbicara dan mendnegarkan yang dimiliki siswa. Dan yang terakhir, kunci dari metode ini adalah komunikasi.

Dan, selanjutnya syarifah juga menunjukkan bahwa peran guru adalah sebagai konselor sedangkan peran siswa sebagai klien. Kelebihannya adalah siswa dapat lebih mandiri sedangkan kekurangannya adalah guru kadang tidak memiliki kemampuan untuk menjadi konselor. 

No comments:

Post a Comment