Sunday, June 8, 2014

Content Based Instruction

Content Based Instruction
Metode Content Based Instruction ini dipresentasikan oleh Muliananda Yani. Menurut penjelasan mulia, munculnya metode ini tidak lepas dari pengaruh metode lain seperti Grammar Translation Method, Audio Lingual Method, Vocabulary dan Sound. Metode ini pula sangat menekankan pada Instruksi dalam menerangkan materi pembelajaran.
Untuk menerapkan metode ini di dalam kelas, maka hal yang harus dilakukan guru pertama kali adalah dengan mencari topik yang tepat bagi materi pembelajana dan mencari sumber-sumber untuk memperoleh materi tersebut.  Setelah itu, guru meminta muridnya untuk membentuk kelompok dan memberikan mereka tugas dengan instruksi mereka harus mencari topik tersebut dari sumber-sumber yang telah disediakan dan kemudian setelah mereka mengerjakan tugas kelompok mereka, maka siswa harus mempresentasikannya ke depan kelas untuk berbagi pengetahuan kepada siswa lainnya.

Metode ini sangat baik dipresentasikan oleh Mulia. Meskipun menggunkaan bahasa Indonesia secara dominan, namun dia bisa membuat saya mengerti mengenai apa yang dia presentasikan. 

No comments:

Post a Comment