Sunday, June 8, 2014

Collaborative Learning

Collaborative Learning
Metode Collaborative Learning ini dipresentasikan oleh Dian Maya Nurita. Dalam memulai presentasinya, pertama-tama yang dilakukan oleh Dian Maya adalah dengan bertanya kepada siswa apakah ada siswa yang mengetahui apa arti collaborative dan kemudian dia memberikan defenisi bahwa yang dimaksud dengan collaborative itu adalah sebuah metode pembelajaran dimana siswa dalam belajar dikelompokkan ke dalam beberpaa kelompok dan hal itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bekerja sama.
Adapun dalam membuat murid dalam kelompok maka guru dalam metode ini mempunyai empat cata atau strategi yang bisa dilakukan yaitu Simple Jigsaw, Think-Pair-Share, Three steps Interview and Numbered Head Together. Dan manfaat dari metode ini adalah Students’ socialization, To divide up tasks, Giving feedback and Debate different conclusions.

Karena metode ini merupakan metode yang sangat sering digunakan oleh guru baik ditingkat sekolah dasar maupun di perguruan tinggi maka saya merasa metode ini merupakan metode yang sangat mudah untuk dipahami terlebih lagi dian maya juga menjelaskan metode ini dengan sangat baik dan jelas. 

No comments:

Post a Comment