Sunday, June 8, 2014

Portfolio

Portfolio
Metode Portfolio ini dipresentasikan oleh Nurul Hidayani. Dalam presentasinya Nurul menerangkan bahwa portfolio adalah metode pembelajran dimana seorang siswa harus mengumpulkan semua hasil kegiatan belajar yang telah ia lakukan selama satu semester. Namun, ternyata portfolio ini juga tidka hanya untuk siswa namun untuk guru juga. Dan lebih lanjut lagi nurul menerangkan bahwa ternyata portfolio juga dapat digunakan di luar bidnag pendidikan seperti ekonomi, seni dan olah raga. Dalam memberikan contoh, nurul memberi contoh pada metode yang digunakan oleh Ibu Cut Intan Meutia pada waktu mengajar Writing IV dimana kami semua harus mengumpulkan tugas kami keladam satu dokumen portfolio.
Ada dua jenis portfolio bagi dunia pendidikan yaitu product and process portfolio. Pada product postfolio, adalah hasil yang lebih dilihat namun apda process guru melihat perkembangan siswa dari awal hingga akhir dan apada akhir pelajaran harus ada pertemuan membahas semua tugas yang telah dikumpulkan tersebut.

Nurul dalam menjelaskan metode ini sudah snagat baik dan dia dapat menjelaskan dengan bahasa Inggris yang lancar dan mudah untuk kami pahami. Bahan power poinnya juga lengkap dan banyak namun dia bisa menjelaskan satu persatu poin tersebut yang membuat kami lebih mudah memahaminya karena menggunakan bahasa yang sederhana.

No comments:

Post a Comment