Wednesday, June 11, 2014

Competency Based Language Teaching

Competency Based Language Teaching
Metode CBLT ini dipresentasikan oleh Suryani. Suryani pada awal presentasinya menjelaskan tentang pengertian competency adalah bakat yang alami, keahlian praktik, kemampuan, kualitas dan potensi. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa teori dari CBLT adalah berdasarkan pandangan fungsi dan interaksi, berhubungan dengan konteks sosial, dan mementingkan kompetensi berkomunikasi. Sedangkan metode ini menganut prinsip sistematis, fokus kepada keluaran (hasil), dan membantu siswa untuk mempelajari suatu hal dengan lebih baik.
Dalam metode ini guru berperan sebagai pengkoreksi kesalahan yang dibuat oleh siswa, pemberi feedback, menyadari kebutuhan belajar siswanya, serta mengatur silabus sesuai dengan kebutuhan siswa. Sedangkan peran siswa adalah mendemonstrasikan pelajaran. Adapun materi yang digunakan dalam metode ini adalah contoh dari teks yang berhubungan dengan kompetensi yang ingin dicapai.

Penjelasn Suryani sudah bagus dan menurut saya sudha menguasai bahan. Suryani juga bisa menggunakan bahasa Inggris yang baik dlaam presentasinya dan bahan yang disajikan pun lengkap dan tepat pada poin penting yang ingin dicapai. 

No comments:

Post a Comment