Sunday, June 8, 2014

Problem Based Learning

Problem Based Learning
Metode problem Based Learning ini dipresentasikan oleh Nur Afni. Dalam presentasinya, pertama kali yang afni lakukan adalah memberikan penegrtian apa itu PBL. PBL adalah sebuah metode pengajaran dimana terdapat masalah yang harus diselasaikan oleh murid dan apabila murid mampu untuk menyelesaikan masalah tersebuat, guru dapat melihat kebutuhan mereka.
Ada tiga kharakteristik dalam metode ini yang pertama adalah small group dimana dalam small group ini siswa dalam belajar dikelompokkan pada kelompok tertentu dna di dalamnya harus terjadi kerjasama dan tidak boleh ada rasa takut untuk berinteraksi. Kedua, problem based dimana masalah yang ada disini merupakan masalah yang etrjadi dalam kehidupan sehari-hari siswa dan yang ketiga, self directed yang dimana siswa belajar yang memag benar-benar menjadi kebutuhannya dan dia mampu untuk membangun pengetahuan baru dari pengetahuan lama berdasarkan ilmu yang telah ia miliki.
Afni dalam menjelaskan metode ini bagus, namun dia hanya membaca powerpoinnya saja tidak banyak memberikan penjelasan mengenai apa maksud powerpoinnya dan dia seperti terburu-buru ingin menyelesaikan presentasinya padahal menurut saya dia sudah cukup menguasai bahan

No comments:

Post a Comment